Perilaku Mengerikan Orang Tua

Disini saya membahas kasus tentang banyak nya orang tua di Indonesia yang kurang memahami peran mereka ketika mendidik anak. Saya berani mengangkat kata “perilaku mengerikan” karena saya merasakan dampaknya terhadap anak didik saya dengan tindakan orang tua yang kami guru menganggap itu sangat tidak benar. Mungkin, penjelasan saya akan sangat salah bagi beberapa pihak yang expert dibidangnya, atau bahkan ini terlalu berlebihan. Pada semesti nya ini lah hal yang penting kita diskusikan mengingat tumbuh kembang nya anak kita sangatlah penting.


Disekolah kami banyak sekali orang tua yang tidak menerima ketika kami mencoba memberikan sanksi kepada murid, padahal itu bukan tindakan kriminal ataupun kekerasan fisik. Teguran demi teguran dan tahapan kami lewatkan kepada siswa-siswi yang bermasalah. Bagi orang tua yang mengerti, mereka mendukung dan ikut ekstra memantau tumbuh kembang anak mereka dengan terus berkoordinasi dengan sekolah. Tetapi bagi beberapa orang tua, MEREKALAH YANG PALING BENAR MELAKUKAN USAHA MENDIDIK DENGAN MENDENGARKAN PENJELASAN ANAK DARI SEBELAH PIHAK. Saya kapital kan karena itulah poin penting dari artikel ini. Bahkan, ada orang tua yang dengan sengaja memindahkan sekolah anak nya berkali-kali hanya karena masalah sepele anak, mendengarkan penjelasan anak yang labil dan sebelah mata. Orang tua seperti itu menutup telinga dan pikiran mereka untuk mendengarkan orang lain(katakanlah guru) untuk menjelaskan sebagaimana baiknya. Saya tidak mengerti dengan beberapa orang tua yang mengkiblatkan teori “membela anak sampai titik tidak jelas” dan mempersekutukan nasihat guru yang selalu memperhatikan gelagat anak mereke setiap harinya. 

Komentar